TUGAS 3


PENELITIAN KUANTITATIF


1.      Mengajukan judul penelitian pendidikan
2.      Lakukan identifikasi dan pembatasan masalah !
3.   Mengajukan rumusan masalah dan teori pendidikan apa yang berkaitan untuk membahas masalah tersebut !
4.      Nyatakan manfaat penelitian anda dan apakah dampak bila penelitian tersebut berhasil

Jawaban

1.      Judul penelitian pendidikan :

Hubungan Antara Minat dan Perhatian Dengan Prestasi Belajar Siswa
Mata Pelajaran Multimedia Pada Smk di Jakarta

2.      Identifikasi Masalah dan Pembatasan Masalah

·          Identifikasi Masalah

Disadari atau tidak, menurunnya kualitas pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama. Walaupun seorang guru sudah berbuat yang terbaik menurut prosedur yang ada tanpa dukungan dari berbagai pihak, niscaya tujuan pendidikan tidak akan tercapai dengan baik. Di sinilah kita perlu memadukan antara faktor lingkungan dengan faktor alami berupa potensi yang dimiliki anak itu sendiri. Faktor potensi anak yang tak kalah pentingnya adalah minat belajar anak-anak yang kurang memiliki minat dalam belajar, maka akan menunjang suatu sikap dan prilaku yang membias dari anak normal lainnya. Misalnya saja anak sering membolos, tidak antusias dalam belajar, sering membuat kegundahan dalam kelas, pessimis, agresif dan sering memberontak. Hal semacam ini akan teraplikasikan pada pencapaian tujuan pembelajaran yang menurun atau prestasinya menurun.

·         Batasan Masalah

Dari identifikasi masalah yang terpapar di atas diperoleh gambaran dimensi permasalahan yang begitu luas. Namun menyadari adanya keterbatasan waktu dan kemampuan, maka penulis memandang perlu memberi batasan masalah secara jelas dan terfokus. penulis berinisiatif untuk mengkaji lebih mendalam melalui kegiatan penelitian ini yang erat kaitannya dengan masalah minat dan perhatian belajar anak, dalam mempelajari mata pelajaran Multimedia yang akan berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap prestasi yang dicapainya.

3.      Rumusan Masalah dan Teori Pendidikan Yang Berkaitan dengan Penelitian

·         Rumusan Masalah


Bertolak dari latar belakang di atas, maka penulis membatasi diri untuk mengkaji variabel-variabel yang ada dalam bentuk rumusan masalah yang menjadi fokus perhatian dan penelitian ini. Adapun rumusan masalah yang penulis maksudkan adalah :
  1. Bagaimanakah tingkat minat dan perhatian belajar siswa, khususnya mata pelajaran Multimedia pada SMK di Jakarta
  2. Bagaimanakah tingkat prestasi belajar siswa, khususnya mata pelajaran Multimedia pada SMK di Jakarta
  3. Bagaimanakah hubungan antara minat dan perhatian dengan prestasi belajar siswa, khususnya mata pelajaran Multimedia pada SMK di Jakarta.

·         Teori Pendidikan

Teori pendidikan yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu teori Behaviotistik dimana Teori Behavioristik merupakan teori dengan pandangan tetang belajar adalah perubahan dalam tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dan respon. Atau dengan kata lain belajar adalah perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon

4.      Manfaat Penelitian dan Dampak Penelitian

·         Manfaat Penelitian
  1. Dengan mengetahui tingkat minat dan perhatian belajar siswa menjadi sumber informasi bagi seorang guru untuk lebih menumbuh-kembangkan minat belajar siswanya.
  2. Dengan mengetahui tingkat minat dan perhatian belajar siswa menjadi sumber iklim yang kondusif agar anak secara leluasa dapat mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya
  3. Diharapkan semua dapat lembaga yang terkait dalam bidang pendidikan agar dapat memperbaiki sistem yang ada supaya anak dapat mencapai tingkat perkembangan yang optimal.
  4. Sebagai salah satu bahan referensi bacaan yang dapat dijadikan sumber informasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengembangkan ilmu pengertahuan dan teknologi pada umumnya dan penelitian pada khususnya.

·         Dampak Penelitian

  1. Untuk mengetahui tingkat minat dan perhatian belajar siswa mata pelajaran Multimedia pada SMK di Jakarta.
  2. Untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa mata pelajaran Multimedia pada SMK di Jakarta.
  3. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat dan perhatian belajar dengan prestasi belajar Multimedia pada SMK di Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar