PENELITIAN KUANTITATIF
1. Mengajukan judul
penelitian pendidikan
2. Lakukan
identifikasi dan pembatasan masalah !
3. Mengajukan
rumusan masalah dan teori pendidikan apa yang berkaitan untuk membahas masalah
tersebut !
4. Nyatakan manfaat
penelitian anda dan apakah dampak bila penelitian tersebut berhasil
Jawaban
1. Judul penelitian
pendidikan :
Hubungan Antara Minat dan Perhatian
Dengan Prestasi Belajar Siswa
Mata Pelajaran Multimedia Pada Smk di
Jakarta
2. Identifikasi
Masalah dan Pembatasan Masalah
·
Identifikasi
Masalah
Disadari atau tidak, menurunnya
kualitas pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama. Walaupun seorang
guru sudah berbuat yang terbaik menurut prosedur yang ada tanpa dukungan dari
berbagai pihak, niscaya tujuan pendidikan tidak akan tercapai dengan baik. Di
sinilah kita perlu memadukan antara faktor lingkungan dengan faktor alami
berupa potensi yang dimiliki anak itu sendiri. Faktor potensi anak yang tak
kalah pentingnya adalah minat belajar anak-anak yang kurang memiliki minat
dalam belajar, maka akan menunjang suatu sikap dan prilaku yang membias dari
anak normal lainnya. Misalnya saja anak sering membolos, tidak antusias dalam
belajar, sering membuat kegundahan dalam kelas, pessimis, agresif dan sering
memberontak. Hal semacam ini akan teraplikasikan pada pencapaian tujuan
pembelajaran yang menurun atau prestasinya menurun.
·
Batasan Masalah
Dari identifikasi masalah yang
terpapar di atas diperoleh gambaran dimensi permasalahan yang begitu luas.
Namun menyadari adanya keterbatasan waktu dan kemampuan, maka penulis memandang
perlu memberi batasan masalah secara jelas dan terfokus. penulis berinisiatif
untuk mengkaji lebih mendalam melalui kegiatan penelitian ini yang erat
kaitannya dengan masalah minat dan perhatian belajar anak, dalam mempelajari
mata pelajaran Multimedia yang akan berpengaruh langsung maupun tidak langsung
terhadap prestasi yang dicapainya.
3. Rumusan Masalah
dan Teori Pendidikan Yang Berkaitan dengan Penelitian
·
Rumusan Masalah
Bertolak dari latar belakang di atas, maka penulis membatasi diri untuk mengkaji variabel-variabel yang ada dalam bentuk rumusan masalah yang menjadi fokus perhatian dan penelitian ini. Adapun rumusan masalah yang penulis maksudkan adalah :
- Bagaimanakah tingkat minat dan perhatian belajar siswa, khususnya mata pelajaran Multimedia pada SMK di Jakarta
- Bagaimanakah tingkat prestasi belajar siswa, khususnya mata pelajaran Multimedia pada SMK di Jakarta
- Bagaimanakah hubungan antara minat dan perhatian dengan prestasi belajar siswa, khususnya mata pelajaran Multimedia pada SMK di Jakarta.
·
Teori Pendidikan
Teori pendidikan yang berkaitan
dengan penelitian ini yaitu teori Behaviotistik dimana Teori Behavioristik
merupakan teori dengan pandangan tetang belajar adalah perubahan dalam tingkah
laku sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dan respon. Atau dengan kata
lain belajar adalah perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk
bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus
dan respon
4. Manfaat
Penelitian dan Dampak Penelitian
·
Manfaat Penelitian
- Dengan mengetahui tingkat minat dan perhatian belajar siswa menjadi sumber informasi bagi seorang guru untuk lebih menumbuh-kembangkan minat belajar siswanya.
- Dengan mengetahui tingkat minat dan perhatian belajar siswa menjadi sumber iklim yang kondusif agar anak secara leluasa dapat mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya
- Diharapkan semua dapat lembaga yang terkait dalam bidang pendidikan agar dapat memperbaiki sistem yang ada supaya anak dapat mencapai tingkat perkembangan yang optimal.
- Sebagai salah satu bahan referensi bacaan yang dapat dijadikan sumber informasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengembangkan ilmu pengertahuan dan teknologi pada umumnya dan penelitian pada khususnya.
·
Dampak Penelitian
- Untuk mengetahui tingkat minat dan perhatian belajar siswa mata pelajaran Multimedia pada SMK di Jakarta.
- Untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa mata pelajaran Multimedia pada SMK di Jakarta.
- Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat dan perhatian belajar dengan prestasi belajar Multimedia pada SMK di Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar